SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Selasa, 12 Oktober 2010

Clean Up Day puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia di KSB

 Temekan,(10/10), Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia dirayakan dengan melaksanakan Clean Up Day yang dipusatkan di Desa Temekan Kec. Taliwang. Kegiatan ini diawali dengan Fun Bike keliling Kota Taliwang dan berakhir di Desa Temekan Kec. Taliwang. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kampanye peduli lingkungan yang dilaksanakan atas kerjasama PT. NNT dan Pemerintah Daerah Kab. Sumbawa Barat yaitu Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga. 
Hari Lingkungan Hidup diperingati tanggal 5 Juni 2010 lalu. Program ini merupakan salah satu komitmen PT. NNT terhadap kelangsungan hidup spesies yang ada di wilayah Kab. Sumbawa Barat. 
 Kegiatan ini diawali dengan pembacaan laporan dari ketua panitia kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan kata pengantar dari Badan Lingkungan Hidup, Kusmayadi, S.Km. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kedepannya sebagai bentuk tindak lanjut pelestarian lingkungan di Kab. Sumbawa Barat, akan diserahkan 100 pohon buah kepada masing-masing desa dengan harapan dalam 3-4 tahun kedepan, desa-desa yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat akan memiliki buah ciri khas tersendiri yang mewakili desa tersebut. Sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat setempat.
 
Sambutan dari PT. NNT disampaikan oleh Arif Perdana Kusuma, Senior Manager Eksternal PT. NNT. "Clean Up Day ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kampanye lingkungan hasil kerjasama kami dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu antara lain : Kampanye Lingkungan dengan pemutaran film tentang lingkungan hidup, Pemilihan Pangeran dan Putri Lingkungan, Transplantasi Karang di Pulau Kenawa Kec. Poto Tano, Penanaman pohon di Pantai Maluk, Lomba Cerdas Cermat Tingkat SLTP, Lomba Desa Bersih, dll. Kegiatan terakhir yang akan dilaksanakan yaitu Kunjungan Lapangan Pangeran dan Putri Lingkungan Kab. Sumbawa Barat Tahun 2010.
Acara berlangsung meriah dan bernuansa alami. Panitia mengenakan Topi yang terbuat dari anyaman daun lontar, begitu pula dengan penganan yang disajikan untuk para tamu undangan yaitu : Ubi Rebus dan  kue2 dengan bahan dasar singkong. 
 
Tema Hari Lingkungan Hidup kali ini yaitu : Beragam Spesies, Satu Planet, Satu Masa Depan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian Sambutan yang disampaikan oleh Asisten Tata Praja dan Pemerintahan, M. Hasby AM, SH, MH mewakili Bupati Sumbawa Barat. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa Kegiatan sejenis ini harus tetap terus dilaksanakan mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup generasi-generasi yang akan datang. Setelah memberi sambutan, Asisten Tata Praja dan Pemerintahan menanam pohon yang bibitnya sudah disediakan oleh panitia sebagai bentuk ceremony lanjutan dengan harapan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Setelah penanaman pohon oleh perwakilan dari PT. NNT dan Pejabat yang mewakili, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Lomba Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya diikuti dengan pemberian Hadiah kepada Pemenangnya. Lomba Desa dimenangkan oleh Desa Sermong sebagai Desa Terbersih Tingkat Kab. Sumbawa Barat Tahun 2010.















0 komentar:

Poskan Komentar