SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Senin, 15 Maret 2010

Panen Raya ?? KAMI JUGA BISA !!!

 Kalimantong. Dengan tema  "MELALUI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS DAN AGROINDUSTRI KITA TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI" SMK Pertanian Brang Ene kembali melaksanakan Panen Raya Padi Sri, yang dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW (14/03/2010). Panen raya kali ini merupakan yang kedua kalinya, karena sekarang baru memasuki Tahun Ajaran yang kedua. Siswa menanam padi dengan menggunakan Sistem SRI ( Sytem of Rice Intensification) atau lebih dikenal dengan sistem tanam satu-satu dengan jarak yang telah ditentukan. Untuk mengetahui hasil dari sistem tanam ini, digunakan alat berupa ubinan yang terbuat dari besi kemudian disusun seperti kotak dengan ukuran 2 x 2 meter. Dengan ukuran yang telah disebutkan, terdapat 45 rumpun padi dengan hasil timbangan bersihnya 3.6 Kg sehingga prediksi hasil panen dengan sistem ini sekitar 10.08 ton/Ha. Yang diunggulkan dalam panen ini yaitu jenis padi yang digunakan yaitu varietas Padi Invari dimana rencananya varietas padi ini akan direkomendasikan untuk digunakan oleh petani yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Keunggulan dari sistem tanam ini adalah pemakaian bibit yang lebih irit dengan perbandingan 19 kg/Ha.

Acara ini dihadiri oleh Pejabat Tinggi antara lain Anggota DPRD Kab. Sumbawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa se-Kecamatan Brang Ene Kab. Sumbawa Barat. Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah SMKN Pertanian Brang Ene, M. Thamrin, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur keluarga besar SMKN Pertanian Brang Ene dalam melaksanakan Uji Kompetensi selama 3 Bulan. Dalam musim tanam kali ini, siswa mencoba 3 varietas padi yaitu Intani, Padi Hibrida varietas 2 dan Invari Mikonggo. Ia juga mengatakan bahwa lulusan SMKN Pertanian Brang Ene ini akan disebarkan untuk menjadi Penyuluh-penyuluh pertanian yang handal dibidangnya. Sehingga mereka dapat membina petani yang masih menggunakan cara-cara konvensional untuk menggunakan tata cara bertanam yang lebih modern. Para siswa juga telah dilengkapi dengan 3 konsep Agribisnis yaitu Teknik Budidaya, Sapta Usaha Tani dan Pengolahan Sekolah Lapang Pengandalian Hama  Terpadu (SLPHT). Kedepannya SMKN Pertanian Brang Ene akan bekerjsama dengan Balai Benih Unggul (BBU) Kab. Sumbawa Barat dan pembangunan Klinik Petani dimana Petani Kec. Brang Ene bisa konsultasi langsung masalah pertanian.

Potensi lain yang dimiliki oleh SMKN Pertanian Brang Ene adalah Juara Lomba Lari Tingkat Kab. Sumbawa Barat dan Juara II Lomba Cerdas Cermat UUD Tingkat Kab. Sumbawa Barat. " Insyallah tahun depan kami akan berusaha untuk melaju ke tingkat Propinsi bahkan Tingkat Nasional" pungkasnya lagi. (Hasanuddin K.)

0 komentar:

Poskan Komentar