SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Selasa, 16 Maret 2010

PEMBANGUNAN KOPERASI BERBASIS RT DISOSIALISASIKAN

Kalimantong. Sesuai dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mensejahterakan rakyat melalui pembangunan berbasis RT. Akhirnya Sosialisasi Pembangunan Koperasi berbasis RT di Desa Kalimantong dilaksanakan, yaitu mulai tanggal 1 Maret 2010 sampai dengan tanggal 18 April 2010.  Acara  Pembukaan Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kalimantong dan dihadiri oleh Ketua RT, Kepala Dusun, Kepala Desa, Camat, serta Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kab. Sumbawa Barat. Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalimantong, Ayubar, mengharapkan kepada dewan Dekopinda KSB untuk tidak sekedar sosialisasi program, tapi harus ada pelatihan khusus untuk semua Ketua RT yang ada di Kecamatan Brang Ene terkait dengan tata cara pengisian buku administrasi dan lainnya.

Ketua Dekopinda, Drs. M. Thamsil, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa latar belakang berdirinya Dekopinda KSB yang berdiri sejak Tahun 2007 adalah untuk menyalurkan aspirasi koperasi ke Pemerintah Daerah. "Ketua Koperasi itu tidak harus ketua RT" pungkasnya lagi. Diharapkan koperasi yang dibentuk akan mengalami kemajuan yang berarti sehingga bermanfaat untuk usaha-usaha kecil dan menengah sehingga benar-benar dapat membantu untuk peningkatan ekonomi masyarakat KSB pada umumnya. Kegiatan simpan pinjam modalnya berasal dari Pemerintah KSB sebesar 13 Milyar. Pada Proses pencairannya, Pemerintah Daerah sedang mencoba menjalin kerjasama dengan semua Bank yang ada di KSB yaitu Bank NTB, Bank BRI, Bank Muamalat, Bank dan Bank BNI tanpa persyaratan, dimana mekanisme pencairannya adalah hanya menggunakan Akta Pendirian Koperasi. Biaya Pengurusan Akta Koperasi ini akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah sebesar Rp.300.000, akan tetapi apabila hingga 31 Desember 2010 tidak ada koperasi yang terbentuk maka dana bantuan itu akan dikembalikan ke  kas daerah.

Program Pembangunan Koperasi berbasis RT ini telah mulai diperkenalkan ke masyarakat luas saat di Launching pada Perayaan Hari Lahir (Harlah) KSB ke-6 tanggal 20 November 2009 kemarin. Hasan K









0 komentar:

Poskan Komentar