SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Sabtu, 23 Oktober 2010

KSB AKAN MENJADI PILOT PROJECT "KTP ELEKTRIK" DI NTB

Kalimantong (23/10), Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat patut berbangga karena Kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat ini akan menjadi pilot project pembuatan KTP Elektik atau biasa disebut E-KTP. Hal ini dipaparkan pada Bimbingan Teknis  (Bintek) yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu lalu.

Bimbingan Teknis yang bertema " Pemutakhiran Data Penduduk dengan Sistem Digitalisasi" ini mensosialisasikan tentang akan dibuatnya KTP seumur hidup bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. Hasanuddin Karing, Staf Kantor Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene, yang juga merupakan salah satu peserta pada Bintek tersebut menyatakan  bahwa "Program ini diluncurkan oleh Pemerintah Pusat dengan harapan akan mempermudah pendataan penduduk di seluruh wilayah Indonesia. E-KTP ini akan memuat sidik jari pemiliknya sehingga dimanapun berada akan memudahkan dalam pendataan atau sensus penduduk. Karena E-KTP ini akan terdata secara online di seluruh wilayah Republik Indonesia sehingga akan meminimalisir kemungkinan warga yang memiliki lebih dari satu KTP". jelasnya panjang lebar.
"E-KTP ini juga nantinya akan mempermudah penghitungan jumlah pemilih dalam Pemilu ataupun Pilkada bagi calon pemilih yang tidak terdata di Daerah Pilih yang ada di daerah bersangkutan. Tapi, sebelum E-KTP ini dibuat nantinya setiap warga harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) terlebih dahulu. Dengan adanya NIK akan memudahkan pendeteksian data penduduk yang ada di KTP tersebut. Jika seseorang berada di luar daerah domisili sesuai dengan KTP nya, Petugas Pendata tinggal mencocokkan NIK yang tertera pada KTP tersebut" tambahnya lagi.

Oleh karena itu, setelah sosialisasi ini akan dilakukan pendataan ulang untuk memenuhi syarat terbitnya E-KTP ini. Pendataan akan melibatkan Kantor Desa setempat tanpa bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik sebagaimana pada umumnya sensus penduduk. Biaya pembuatan E-KTP ini rencananya akan digratiskan sebagaimana pembuatan KTP biasa. 

Semoga terobosan-terobosan seperti ini akan memperpendek jalur birokrasi dalam Pelayanan Publik  yang selama ini terkenal berbelit-belit dan memakan banyak waktu dan biaya.  Kita tunggu saja tanggal mainnya...



0 komentar:

Poskan Komentar