SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Selasa, 04 Mei 2010

Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat KSB

Taliwang. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Sumbawa Barat secara rutin melaksanakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan tingkat Kabupaten Sumbawa Barat. Kegiatan ini dimulai dari Tingkat Kabupaten/Kotamadya di seluruh Indonesia kemudian dilanjutkan ke Tingkat Propinsi untuk seterusnya diadakan pemilihan secara nasional bertepatan dengan perayaan hari Perhubungan Nasional Republik Indonesia. 

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, sejalan dengan perkembangan sarana dan prasarana transportasi dewasa ini yang harus diikuti dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) baik dalam rangka keselamatan, kelancaran, kenyamanan maupun tertib lalu lintas, sehingga kecenderungan-kecenderungan yang negatif dapat diturunkan seperti ketidakdisiplinan pengemudi pada saat mengendarai kendaraan, terutama kendaraan umum, kurangnya pengetahuan tentang tata cara mengemudi yang baik, tingginya jumlah fatalitas kecelakaan lalu lintas, banyaknya pelanggaran lalu lintas, buruknya pelayanan kepada penumpang, kemacetan, dll.

Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan selain untuk upaya peningkatan spirit atau motivasi untuk pengembangan diri, baik aspek keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge) maupun sikap (attitude) namun juga untuk mendudukkan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap profesinya. 

Kepala seksi pengawasan lalu lintas angkutan jalan, Sudjito, S.Sos, MM. dalam keterangannya menjelaskan bahwa hal yang paling utama dan penting dalam penyelenggaraan AKUT ini adalah bagaimana dapat membentuk dan meningkatkan mental attitude (perilaku) bagi pengemudi yang diharapkan dapat membawa pengaruh positif pada lingkungannya. Oleh sebab itu membentuk karakter pengemudi yang yang berkeselamatan secara nyata dalam pelaksanaan tugas sebagai pengemudi merupakan out come yangdapat dicapai.

Kegiatan ini diisi juga dengan sosialisasi peraturan dan undang-undang Lalu lintas yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perhubungan dan tata cara berkendaraan yang baik yang disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa Barat.

 "Diharapkan dari kegiatan ini akan mampu meningkatkan profesionalisme para pengemudi peserta AKUT, sehingga dapat meningkatkan pula kompetensi dalam profesinya, serta mendorong peningkatan mutu pelayanan jasa angkutan, ketertiban, keamanan, keselamatan, kelancaran serta mengurangi jumlah dan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan" jelas Kepala Bidang Perhubungan, Syafaruddin, S.Pd.

Semoga dapat menjadi kegiatan rutin yang benar-benar mumpuni dalam mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di wilayah hukum Kabupaten Sumbawa Barat. Tifa

0 komentar:

Poskan Komentar