SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Kamis, 22 April 2010

MASJID KALIMANTONG ADALAH MURNI SWADAYA KAMI!!

Kalimantong. Tepatnya di desa RT 07/02 Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene tempat dibangunnya sebuah masjid yang boleh dikatakan masjid termewah di Kecamatan Brang Ene. Satu – satunya masjid dua lantai tersebut dibangun di atas tanah ukuran 30 x 20 Meter dengan ukuran masjid 16 x 18 Meter . Menurut sejarahnya tanah tempat dibangunnya masjid tersebut adalah merupakan tanah wakaf dari bapak H.M.Amin . Pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 2002 yang digagas oleh Bapak M. SALEH,SH ( Alm ) selaku Kepala Desa saat itu. Saat dimulai proses pembangunannya timbul Pro dan Kontra di masyarakat Kalimantong, ada yang tidak setuju setuju dengan alasan  tidak ada biaya dan segala alasan lainnya . Padahal proses Pembangunan Masjid Itu direncanakan dibangun dengan alasan swadaya warga Kalimantong murni.

Di tempat terpisah Bapak H.Syamsun, S.Pd selaku Bendahara Pembangunan Masjid Darussalam tersebut membenarkan bahwa proses pembangunan masjid tersebut adalah swadaya murni warga Desa Kalimantong pada khususnya walaupun ada sebagian bantuan dari luar yakni dari pemerinah pada saat itu sekitar Rp 15.000.000,00 jika kita bandingkan dengan RAB pembangunan masjid mencapai angka sekitar Rp 200 Lebih pada tahun 2001, tapi walaupun begitu kita menerimah dengan senang hati, beliau juga membeberkan cara gimana teknik pengumpulan anggaran masjid dari warga kalimantong sejak pembangunannya mulai dari angka 0% - 75 % sekarang yakni dengan cara panitia membagi kupon kepada warga pada setiap mau masuknya musim panen. Yang akhirnya nanti warga bisa mengembalikan dengan bentuk uang sesuai denga kemampuan , walaupun demikian dari sekian kupon yang kami bagi hanya bisa kembali sekitar 75 % bahkan kurang dari 75 % dan kami juga memahami dengan kondisi warga masyarakat sehari – hari karena ini bersipat bantuan swadaya bukan pajak atau keentuan / paksaaan . Karena yang akan membalas nantinya adalah yang maha kuasa. Tapi alhamdulillah samapai saat ini partisipasi masyarakat Kalimantong masih dikatakan luar biasa karena kalu kita menilai 100 % hasil dari pembangunan masjid ini sampai angka 75 % adalah Sebagai berikut 75% swadaya baik itu tenaga atau saran dan 25 % adalah yang lainnya faktor pendukung kataklanlah begitu.

Ditempat terpisah Bapak M.Yakub Sekdes Kalimantong juga sebagai Ketua Pembangunan Masjid mengatakan Bahwa Pembangunan Masjid Darussalam adalah Swadaya masyarakat Murni sejak mulai dibangunnya pada tahun 2002 silam dia juga mengatakan hal sama selam pembangunan panitia hanya dapat bantuan sebanyak Rp 15 Juta dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat , walaupun kita berusaha telah banyak mengirim Proposal keberbagai temapt tapi hasilnya masih nihil timpalnya, Harapan saya kedepan adalah Pembangunan Masjid ini untuk mensukseskan Program Pemerintah dalam Bidang Keagamaan khususnya dan saya berharaf kepada warga masyarakat kalimantong pada khususnya mari kita tingkatkan terus partisipasi kita dalam pembangunan masjid ini karena masih banyak yang harus kita selsaikan dalam pembangunan masjid ini . dan harapan saya untuk pemerintah / SKPD adalah Agar bisa membantu kami dalam proses pelaksaaan penyelasaian pembangunan masjid darussalam Desa kalimantong dalam arti sumbangsi lah hahahaha denga tersenyum .

Sedangkan Bapak Ayubar yang akrab di panggil Bayu selaku Kepala Desa Kalimantong mengatakan hal yang sama yakni pembangunan ini semata – mata swadaya warga Kalimantong murni walaupun ada banuan dari pihak ke 3 saya pribadi menilai tidak seberapa jika di bandingkan dengan RAB sekitar Rp 200 jutaan itu pada tahun 2001 saat gambar masjid kita beli saaat itu jika kita bandingkan dengan harga kebutuhan sekarang adalah mencapai angka Rp 750 Jutaan bahkan mungkin 1 M karena dari tahun ke tahun harga terus berubah. Sedanghkan kalu kita uangkan partisipasi warga masyarakat desa kalimantong mungkin mencapai sekitar Rp 500 Juta lebih , mengapa saya mengatakan demikian karena sejak kita bangunnya masjid tersebut kita selalu goong royong untuk itu saya selaku kepala desa kalimantong mengucapkan terimah kasih kepada semua pihka yang ada di kalimantong yang telah membantu proses pembangunan ini ( Hesso Hasan K )

0 komentar:

Poskan Komentar