SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Kamis, 11 Februari 2010

DISKUSI RELOKASI KAWASAN RAWAN BENCANA DESA LABUAN LALAR

Mayarakat Desa Labuan Lalar melaksanakan diskusi tentang: "Rencana Relokasi Kawasan Rawan Bencana". Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi Desa Labuan Lalar dimana pemukiman penduduk yang semakin sempit akibat permukaan air laut yang semakin naik belakangan ini. Sehingga diperlukan solusi bersama untuk merelokasi pemukiman penduduk ke lokasi lain. Karena dikhawatirkan terjadinya bencana air pasang yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Isu Global warming juga menjadi alasan naiknya permukaan air laut, gelombang pasang dan badai yang bisa sangat berbahaya. Karena Desa ini berada di pesisir pantai hampir 70% nya, dengan sumber penghasilan utama sebagai nelayan. Gelombang Pasang yang terjadi akhir2 ini sedikitnya mengakibatkan penghasilan mereka ikut menurun karena mereka tidak mungkin melaut dengan sarana dan prasarana  yang minim dan seadanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa dan seluruh masyarakat Desa Labuan Lalar yang dibuka oleh Kepala Desa Labuan Lalar. Jumlah masyarakat yang akan direlokasi sekitar 100 Kepala Keluarga dengan rencana relokasi tanah disediakan 2.5 Ha. Daerah Relokasi direncanakan di Dusun Wara A, Wara B dan Dusun Bangsal.

Anggaran yang disediakan untuk kegiatan ini direncanakan sebagai berikut :
a). Rumah Panggung Rp. 10.000.000
b). Rumah Permanen Rp. 75.000.000

Hal ini perlu mendapat perhatian Pemerintah karena menyangkut keselamatan dan kelangsungan hidup masyarakat Desa Labuan Lalar.


0 komentar:

Poskan Komentar