SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Rabu, 27 Januari 2010

PMI KABUPATEN SUMBAWA BARAT ADAKAN SIMULASI BENCANA


Kabupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu Kabupaten yang rawan akan bencana sehingga diperlukan tim-tim sukarelawan yang handal untuk menanggulangi bencana. Oleh karena itu, PMI Cabang Kab.Sumbawa Barat bekerja sama dengan Palang Merah Hongkong mengadakan kegiatan Pendidikan Dasar Tim Sukarelawan Bencana.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 hari sejak tanggal 15 Januari 2010 s/d 27 Januari 2010. Pesertanya terdiri dari gabungan pelajar dan mahasiswa dari SMK Kesehatan, MTS Taliwang, SMU 1 Taliwang dan mahasiswa yang telah diseleksi terlebih dahulu oleh PMI Kabupaten Sumbawa Barat.

Maksud dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih dan mempersiapkan tenaga-tenaga sukarelawan bencana, mengingat Kabupaten Sumbawa Barat rentan dengan bencana, misalnya : bencana banjir, kebakaran, gempa bumi, dll.
Pelatihan ini selain pembekalan materi juga diadakan simulasi bencana dimana relawan dilatih untuk bisa memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dan latihan-latihan penanggulangan korban bencana lainnya misalnya : P3K, evakuasi korban bencana, pendataan korban, dan pengalokasian bantuan bencana.
Pelatihan ini dikoordinasi langsung oleh Mrs. Marjono koordinator Palang Merah Hongkong yang dibantu oleh Panitia dari Tim Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Sumbawa Barat dengan harapan relawan-relawan yang telah dilatih ini dapat meningkatkan kemampuannya sehingga pada saat terjadi bencana relawan ini akan lebih tanggap dan terampil dalam menangani korban bencana.

0 komentar:

Poskan Komentar