SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Senin, 15 Februari 2010

PROGRAM KESEHATAN GRATIS, PELAYANAN PRIMA??

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berkomitmen untuk membangun sumberdaya manusia sebagai modal dasar pembangunan daerah, pembangunan sumberdaya manusia adalah pembangunan di bidang pendidikan dan bidang kesehatan. Dampaknya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memeriksa kesehatannya/berobat di puskesmas dan jaringannya. 

Dengan terpenuhinya pelayanan terhadap kesehatan, melalui penerapan program kesehatan gratis, maka masyarakat mendapat pemberlakuan yang sama dalam hal pelayanan kesehatan. Terutama lapisan masyarakat bawah, program ini dianggap sebagai bagian untuk meringankan beban hidup mereka.

Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini yaitu : Apakah sudah maksimal??
Sepertinya dibutuhkan tenaga, pikiran dan waktu yang tidak sedikit untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat luas. Pelayanan adalah salah satu komponen penting yang seharusnya menjadi tolak ukur dalam keberhasilan program ini.

Seringnya masyarakat yang mengeluh dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan setempat membuat kami berpikir bahwa ada yang perlu dibenahi dalam program ini. Ada faktor2 lain yang menimbulkan keresahan ini. Sering terdengar jeritan tenaga kesehatan yang kesejahteraanya yang tidak sebanding dengan tenaga yang mereka abdikan untuk daearah ini. Apakah karena tenaga2 kesehatan ini tunjangannya kurang sehingga mereka memprotesnya dengan menurunnya kualitas pelayanan yang mereka berikan????

Pertimbangan2 dan kebijakan2 yang tidak merugikan kedua belah pihak yang akan mampu menjawab permasalahan ini.

1 komentar:

ning mengatakan...

diadakan penelitian saja untuk permasalahan ini, apa penyebab sebenarnya nanti bisa diketahui, saya berniat neliti...

Poskan Komentar