SILA' MO DATANG NING BLOG PARIRI LEMA BARIRI

rss

Senin, 25 Januari 2010

TEPUNG GAYONG KHAS KALIMANTONG


BAHAN – BAHAN : 
 
1. Tepung Beras ketan Yang di Tumbuk Manual 
2. Telur 
3. Bibit Kue 
4. Air 
5. Gula 
6. Minyak Goreng 
7. Wajan 
8. Alat Pemanas Atau Kompor 

Cara Pembuatan : 
  1.  Campurkan telur dengan bibit kue lalu diaduk sampai merata setelah itu di campur dengan beras ketan sampai adonan mengental sampai kelijhatan seperti tanah liat . dengan perbandingan 4: 10 ( Artinya 4 Mangkuk Kecil Tepung Beras di Campur 10 Butir Telur ) 
  2.  Lalu adonan dibentuk seperti bola pimpong lalu dilempengkan setelah di diamkan beberapa menit.
  3.  Setelah didiamkan adonan dikreasikan adonan menjadi tepung gayong , agar kelihatan menarik tepung gayong di hias atau dibentuk biar kelihatan berongga. Dimasukkak kedalam sela jari,ujung satu dengan ujung yang satu di gabungkan laludioutar sedikit sampai berbentuk Siput Sawah 
  4.  Setelah di kreasi adonan di goreng dengan minyak yang suhunya sedang ( Maksudnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin ). Setelah matang diangkat lau diamkan dan dijemur Kurang Lebih 4 Jam Biar Kue Awet Dan Tahan Lama. 
  5. setelah di Jemur panaskan Gula dengan air di dalam wajan setelah air gula mendidih dan air gula mengental, masukkan kue yang di jemur tadi lalu di aduk sampai merata lalu kue siap dihidangkan.

    • Hesso dan Ripanto Komedik_KSB 
    • Bagi yang berminat Hubungi : Komedik_ KSB 



1 komentar:

Eastlife mengatakan...

asskum.guys Komedik KSB,resep tepung Gayongx sgt mmbantu qta remaja putri dan ibu2 khususnya di KSB. Tpi syg bgt y picnya ketinggalan. Padahal akan lbh menarik lg klo ada ma photox. Sukses slalu !

Poskan Komentar